Informasi Pokok Perusahaan

Informasi Pokok Perusahaan

Jalan Tol Solo-Kertosono sepanjang 178,6 km yang terdiri dari Ruas Solo-Ngawi sepanjang 90,25 km dan Ruas Ngawi-Kertosono sepanjang 88,35 km merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. Jalan tol ini pembangunannya telah dirintis delapan tahun yang lalu. Tepatnya tahun 2008 saat PT Thiess Contractor Indonesia ditetapkan oleh Pemerintah sebagai pemenang tender investasi Jalan tol ini.

Jalan Tol Solo-Kertosono merupakan jalan tol yang layak secara ekonomis namun kurang layak secara finansial, sehingga untuk meningkatkan kelayakan finansialnya Pemerintah memberikan subsidi berupa biaya pembebasan lahan dan konstruksi sepanjang 59,74 km. Sehingga untuk ruas Solo-Ngawi Pemerintah membangun kosntruksi sepanjang dari Kartosuro sampai Karanganyar sepanjang 20,9 km. sedangkan PT SNJ membangun konstruksi dari Karanganyar sampai Ngawi sepanjang 69,35 km. Demikian juga untuk ruas Ngawi-Kertosono, Pemerintah membangun sepanjang 38,84 km sedangkan PT NKJ membangun sepanjang 49,51 km.

Pembebasan lahan sudah dimulai tahun 2010 yang awalnya ditargetkan selesai tahun 2012, namun dalam pelaksanaannya mengalami keterlambatan. Sedangkan pekerjaan konstruksi untuk ruas Solo-Ngawi telah dimulai tahun 2012, namun karena ada permasalahan internal pemegang saham PT SNJ, pelaksanaan konstruksi tidak berjalan mulus dan terhenti pada tahun 2014. Namun tidak demikian dengan Ruas yang dibangun Pemerintah dari Kartosuro sampai Karanganyar, pelaksanaan konstruksi berjalan lancer, hanya di beberapa titik terhambat lahan yang belum bebas.

Mengingat induk perusahaannya akan fokus di bisnis intinya, maka pada awal tahun 2015 PT Thiess Contractor Indonesia mengajukan izin ke Men PU Pera untuk mengalihkan sebagian besar sahamnya di PT SNJ dan NKJ kepada investor lain. Melalui surat Tanggal 10 April 2015 nomor KU.09.10-Mn/325 untuk PT NKJ dan KU.09.10-Mn/326 untuk PT SNJ, Men PU Pera memberikan persetujuannya.

Setelah melalui proses due diligence, PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama dengan PT Waskita Toll Road pada tanggal 10 Juni 2015 resmi mengambil alih sebagian besar saham PT SNJ dan PT NKJ, dengan porsi kepemilikan saham Jasa Marga 60% kurang 1 lembar saham, PT Waskita Toll Road 40% dan PT Ferino Putra 1 lembar saham. Bersamaan dengan itu dilakukan pergantian pengurus pada PT SNJ dan NKJ.

Dengan Pemegang saham dan pengurus baru, pelaksanaan konstruksi dilakukan dengan lebih cepat. Pembangunan jalan tol Solo-Kertosono memang harus dipercepat, karena proyek ini termasuk program prioritas Pemerintah di bidang infrastruktur. Sehingga pembangunan Jalan Tol Solo-Kertosono harus dapat diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun. Jalan tol ini ditargetkan selesai dan dapat beroperasi penuh pada bulan Oktober 2017.

Secara keseluruhan Jalan Tol Solo-Kertosono memiliki 10 simpang susun yaitu simpang susun Kartosuro, simpang susun Bandara, simpang susun Solo, simpang susun jalan ke Purwodadi, simpang susun Karanganyar, simpang susun sragen, simpang susun Ngawi, simpang susun Madiun, simpang susun Caruban dan simpang susun Nganjuk. Jalan tol ini dibangun dengan struktur perkerasan rigid pavement atau perkerasan beton, dengan jumlah lajur 2x2 atau 2 lajur tiap arah. Lebar lajur 3,6 meter dan 3 meter untuk bahu jalan luar. Dan ntuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melintas dari satu sisi jalan tol ke sisi yang lain, akan dibangun lebih dari 170 bangunan perlintasan berupa overpass atau underpass.

Setelah beroperasi, jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh antara Solo sampai Kertosono dari 4 jam menjadi 2 jam saja. Ini berarti meningkatkan efisiensi di bidang transportasi dan logistik. Disamping itu keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilaluinya karena kemudahan akses menuju kota-kota pelabuhan seperti Semarang dan Surabaya.

 

 

 

Office

Jl. Moh. Yamin No.149
Kelurahan: Tipes, Kecamatan: Serengan
Solo 57154, Jawa Tengah
Telp. 0271-7892066

Visitors Counter

095575
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
116
300
1404
92682
5116
9413
95575

Who's Online

Kami memiliki 35 tamu dan tidak ada anggota online